Kamis, 14 Februari 2013

CARA MEMBUAT SAPI LAHAP MAKAN (Supaya sapi tidak kerjik, Sapi menjadi bongoh makan)



Bermacam cara yang diterapkan oleh peternak dalam memelihara ternak sapinya. Cara-cara yang diterapkan itu semua bertujuan untuk mencapai hasil dari ternak sapi yang dipeliharanya.

Ada sapi yang tidak bermasalah dengan makanan yang diberikan ( ora ngrapen). Tetapi ada beberapa sapi yang selera makannya sangat rendah pada hal sudah diberi rumput dari jenis rumput yang paling digemari sapi. Hal ini tentu akan menyulitkan pemeliharaan dan sangat tidak efisien dalam pemberian pakan.

Nah, bagaimana cara supaya semua sapi peliharaan tidak bermasalah dengan pakan yang diberikan?. Bagaimana cara supaya sapi tidak kerjik dan makannya menjadi lahap?. Bagaimana supaya sapi diberi pakan apa saja makannya tetap berselera?. Bila masalah ini dapat diatasi tentu tingkat efesien pemeliharaan ternak akan meningkat bukan?. Dan tidak perlu memilih-milih jenis rumput saat ngarit bukan?.

Begini caranya !.

1.    Usahakan dalam pemberian pakan selalu tertib sesuai waktu yang sudah ditentukan. Unpamanya makan pagi jam 8.00 WIB, komboran atau pakan tambahan jam 15.WIB . Makan sore jam 17.WIB, Makan malam jam 22.WIB. ( Dalam menentukan jam makan sesuaikan dengan jam kesibukan kita sehingga tidak memngganggu aktifitas kita yang lain selain beternak. Hal ini akan membuat sapi terbiasa dengan waktu-waktu yang telah ditentukan oleh masing-masing peternak).

2.    Setelah sapi diberi makan yang kenyang saat waktu makan yang telah ditentukan, bersihkan sisa makanan dari tempat makannya ( sisa makanan jangan dibuang tetapi tempatkan ditempat dimana makanan biasa disimpan karena sisa makanan akan diberikan saat waktu makan berikutnya).hal ini akan melatih sapi tidak akan makan sebelum waktu yang telah ditentukan. Ingat, sapi adalah termasuk jenis binatang sosial yang dapat diatur oleh majikannya. Contohnya sapi dapat dilatih untuk tenaga tari, membajak dll sesuai keinginan pelatih).
3.    PENTING!, Berikan suplemen perangsang makan untuk sapi supaya saat jam makan sapi benar-benar lahap makannya dan sangat berselera makan sehingga rumput yang kita berikan tidak sia-sia karena sapi tidak mau makan atau selera makannnya berkurang.

SYARAT SUPLEMEN PAKAN TERNAK SUPAYA SAPI LAHAP MAKAN

Suplemen Pakan ternah harus memenuhi standar keamanan bagi ternak itu sendiri dan harus memenuhi seluruh persyaratan yang ditentukan. suplemen pakan ternak yang diolah dari berbagai macam bahan alami (hewan dan tumbuhan), memberikan zat-zat yang sangat diperlukan ternak untuk :
  • Meningkatkan kuantitas (peningkatan Average Daily Gain /ADG bagi sapi dan peningkatan bobot panen bagi ayam) - kualitas daging (mengurangi kandungan kolesterol) - kesehatan ternak (mempertinggi daya tahan tubuh terhadap penyakit) semuanya merupakan Aspek K-3.
  • Memacu enzim - enzim pencernaan ternak.
  • Memberikan mineral - mineral esensial maupun non esensial.
  • Memberikan berbagai macam nutrisi alami untuk pertumbuhan ternak ( protein, lemak, vitamin, dsb.).
  • Menambah kandungan asam - asam lemak didalam rumen / lambung ternak.
  • Meningkatkan efisiensi dan efektifitas pakan (TDN).
  • Mengandung hormon pertumbuhan alami untuk mempercepat pertumbuhan ternak.
  • Meningkatkan nafsu makan.
  • Mengurangi kandungan kolesterol daging dan mengurangi bau kotoran
  • Produk alami aman untuk ternak dan lingkungan
Kalau membutuhkan silahkan menghubungi orang ini
Semoga bermanfaat, amin.

1 komentar:

  1. viterna plus sahabat sejati peternak sapi.terima ksh info penting jam makan sapinya.

    BalasHapus

JANGAN BERKOMENTAR YANG DAPAT KAMI ANGGAP SPAM